Code Expiry Date

A. Pengertian Makanan Kaleng

Code Expiry Date

Makanan kaleng adalah makanan yang pengawetan dengan metode memasukkan dan menyimpan bahan pangan dalam wadah yang terbuat dari kaleng kedap udara. Pengemasan makanan dengan kaleng yaitu buah – buahan, ikan, dan kue. Selain itu, makanan kaleng juga memiliki Code Expiry Date. Untuk penjelasan lebih lanjut scroll bawah yuk.

B. Keuntungan dan Kerugian Mengonsumsi Makanan Kaleng

1. Keuntungan Makanan Kaleng

    Selain mudah, praktis, instan, dan rasanya enak, makanan kaleng juga mempunyai sisi positif lainnya, yaitu:

  • Tidak Kurang Gizi

    Tidak semua makanan kaleng mengandung zat gizi yang kurang. Bahkan makanan kaleng kandungan zat gizinya hampir sama dengan makanan segar.

2. Kerugian Makanan Kaleng

    Dengan kondisi yang kedap udara dan tahan lama, tidak kecil kemungkinan makanan kaleng memiliki kerugian pada saat mengonsumsinya.

  • Garam dan Gula pada Makanan Kaleng yang Berlebihan

    Bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi maupun penyakit jantung, makanan kaleng dapat memperburuk kondisi kesehatan karena makanan ini umumnya memiliki kandungan garam yang tinggi.

  • Makanan Kaleng Mengandung BPA

    BPA atau Bisphenol-A merupakan bahan kimia yang terkandung dalam kemasan makanan, termasuk dalam kaleng. BPA yang masuk ke dalam tubuh berhubungan dengan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes mellitus tipe 2.

  • Makanan Kaleng juga Beresiko Mengandung Bakteri yang Berbahaya

    Walaupun jarang, tetapi makanan kaleng yang tidak melalui proses dengan baik dapat mengandung bakteri berbahaya yang kita kenal dengan nama Clostridium botulinum. Mengonsumsi makanan kaleng yang mengandung bakteri ini dapat menyebabkan penyakit yang bernama botulisme, yaitu penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian jika tidak segera mengobatinya.

    Selain informasi seputar pengenalan makanan kaleng, keuntungan dan kerugian, makanan kaleng juga tak luput dari kode tanggal kadaluarsa atau code expiry date.

A. Kaitan Makanan kaleng dengan Code Expiry Date

    Code expiry date pada makanan kaleng sangat berperan penting dalam mengetahui informasi penggunaan atau baik mengonsumsinya sebelum kapan. Karena meskipun makanan kaleng termasuk kedalam makanan yang higienis, tidak kecil kemungkinan ada zat atau bakteri yang membahayakan bagi tubuh. Serta tanggal kadaluarsa yang penting dan harus memperhatikannya sebelum kita membelinya atau mengkonsumsinya.

B. Dampak Mengkonsumsi Makanan Kaleng yang Melebihi Code Expiry Date

    Makan makanan yang telah kadaluwarsa mungkin tidak menyebabkan penyakit serius seperti keracunan makanan tetapi dapat menyebabkan gangguan ringan hingga berat, tergantung pada bakteri apa yang terkandung. Gejala saluran pencernaan dari penyakit yang dapat menyebabkan kram perut yang parah, muntah, dan diare serta demam, menggigil, sakit, rasa baal pada kulit dan pusing.

    Pada makanan kaleng, biasanya code expired date terletak pada bagian bawah kemasan kaleng. Selain code expiry date, tertera juga product by / manufactured by (produksi oleh), pack date (tanggal pengemasan), serta sell by date (jual berdasarkan tanggal).

A. Penjelasan Arti Kode selain Code Expiry Date pada Kemasan Produk

1. Product By / Manufactured By

    Biasanya istilah satu ini biasa kita menyingkatnya dengan kode P/M atau MFD/MFG. Istilah ini menunjukkan tanggal pembuatan produk tersebut di pabrik. Misalnya pada kemasan tertera MFD 010118, itu berarti pabrik memproduksi barang tersebut tepat pada tanggal 1 Januari 2018.

2. Pack Date

    Menandakan kapan produk tersebut dikemas. Penulisan kode ini memiliki tiga digit angka. Angka-angka ini mewakili hari-hari secara berurutan dalam setahun. Misalnya, kode 001 menunjukkan tanggal 1 Januari.

3. Sell By Date

    Sell by date memberitahukan atau merekomendasikan tanggal terakhir suatu barang untuk dijual. Jadi meski telah melewati tanggal tersebut, produk masih memungkinkan untuk proses penyimpanan dan pengkonsumsian di rumah.

4. Code Expiry Date

    Ini adalah bagian terpenting dari suatu kemasan makanan termasuk makanan kaleng. Biasa kita singkat EXP atau E, expiration date menjelaskan tentang keamanan suatu produk. Kode ini menunjukan batas waktu maksimal mengonsumsi produk tersebut. Jika melebihi tanggal yang tercantum, maka produk itu sudah tidak aman bagi tubuh. Oleh karena itu, begitu produk tersebut sudah melewati batas expiration date, jangan memakan, mengolah atau membekukannya namun langsung membuangnya ke tempat sampah.

    Dalam pengemasan makanan kaleng, kaleng terlebih melalui proses pembuatan, penyiapan, membersihkannya, serta memberi label pada. Kemudian baru lah memasukkan makanan kedalam kaleng lalu menutupnya. Tahap terakhir yaitu biasanya pemberian code expiry date pada kemasan kaleng bagian bawah.

Pencetakan Code Expiry Date pada Kemasan Makanan Kaleng Menggunakan Mesin Cetak Expiry Date

    Banyak industri – industri makanan kaleng seperti industri makanan kaleng sarden, kue kering, buah potong, dan sebagainya yang telah menggunakan produk – produk kami untuk kebutuhan pencetakan code expiry date yang menandakan mutu dan kualitasnya yang terjamin dan aman bagi Kesehatan tubuh kita.

    Perusahaan kami, PT. Megasatria Hiciter menyediakan mesin cetak expiry date Hitachi yang cocok untuk pencetakan kode tanggal kadaluarsa pada pengemasan makanan. Pengaplikasian mesin kami sangat mudah dengan berbagai mesin pengemasan. Selain itu, mesin kami mudah dalam pengoperasiannya, ramah lingkungan, dengan fungsi dan opsi yang lebih baik, serta low cost dalam pencetakan code expiry date.

    Dengan adanya code expiry date pada kemasan makanan kaleng, kualitas, kandungan gizi, dan kesehatan anda lebih terjamin karena peningkatan keamanan pada pengkonsumsian produk. Mesin kami bisa mewujudkan semua hal itu…

Jika Anda Memliki Pertanyaan atau Ingin Mengetahui Lebih Banyak Informasi Mengenai Produk Kami, Anda bisa Menghubungi:

Phone : (021) 215 843 02

(+62) 817 108 328

Email : Info@megasatria.com

Atau Anda Bisa Mengunjungi Situs Web Resmi Kami

Banyak Kegunaan dari Produk – Produk Kami yang Bisa Berkaitan dengan Banyak Hal. Kalo Mau Baca Artikel yang Lainnya, Klik Disini!

By Eza

One thought on “Makanan Kaleng yang Baik bagi Kesehatan dengan Memperhatikan Code Expiry Date”
  1. Hi,

    We’re wondering if you’d be interested in a ‘dofollow’ backlink to megasatriacare.co.id from our website that has a Moz Domain Authority of 50?

    We charge just $30 (USD) to be paid via Paypal, card, or cryptocurrency. This is a one-time fee, so there are no extra charges and the link is permanent.

    If you’d like to know more about the site, please reply to this email and we can discuss further.

    Kind Regards,
    Antonia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.